Resep Kicak Ketan

Diantara beraneka ragam jenis jajanan pasar di Indonesia, kue kicak ketan menjadi salah satu primadona bagi pecinta kuliner. Tak hanya kelezatannya, kicak ketan pun cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Jika kamu ingin mencoba membuat jajanan pasar kicak ketan manis dan gurih ini, simak penjelasan berikut.

Masalah yang Ditemui dalam Membuat Resep Kicak Ketan

Seringkali, pembuat kue kicak ketan mengeluhkan susahnya proses memadatkan adonan ketan. Adonan menjadi lengket dan berair sehingga sulit untuk dibulatkan. Selain itu, ketepatan takaran bahan juga berpengaruh terhadap hasil akhir kue kicak ketan.

Apa itu Resep Kicak Ketan?

Resep kicak ketan, merupakan salah satu resep kue tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan. Biasanya, kicak ketan dilengkapi dengan isian kelapa parut yang dicampur gula merah. Penampilan luarnya serupa dengan bola kicik, bahan pembuatannya pun sama-sama menggunakan ketan.

Ringkasan Utama tentang Resep Kicak Ketan

Kue kicak ketan menjadi salah satu jenis jajanan pasar yang banyak digemari di Indonesia. Walau terkadang mengalami kendala dalam proses pembuatannya, tak membuat para pecinta kuliner putus asa. Resep kicak ketan dibuat dengan bahan-bahan dasar yang mudah didapat seperti ketan, gula merah dan kelapa parut. Selain itu, mengikuti takaran dan cara membuat yang tepat menjadi kunci keberhasilan dalam membuat jajanan pasar ini.

Resep Kicak Ketan: Pengalaman Pribadi dalam Membuat Jajanan Pasar Ini

Saya sendiri memiliki pengalaman dalam membuat kue kicak ketan. Pada awalnya tentu saja mengalami kendala dalam mengadonkan ketan. Namun, dengan terus mencoba dan melihat beberapa tutorial di platform Youtube, akhirnya saya bisa berhasil membuat kue kicak ketan yang lezat dan empuk.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan seperti ketan, santan, gula merah, dan kelapa parut. Setelah itu, saya mulai mengaduk ketan dengan santan hingga benar-benar tercampur rata. Kemudian, saya memasukkan gula merah dan kelapa parut ke dalam adonan ketan yang sudah diaduk tadi. Adonan ketan lalu dibulatkan menjadi ukuran kecil dan dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, kita bisa merebus bola ketan yang sudah dibungkus tersebut selama kurang lebih 15-20 menit.

Proses membuat kue kicak ketan memang memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam mengukur takaran, namun selama kita berusaha dan terus belajar, pastinya kue kicak ketan buatan sendiri akan menjadi jauh lebih spesial.

Kesulitan dalam Membuat Resep Kicak Ketan

Selain masalah ketepatan takaran bahan, kendala lainnya dalam membuat kue kicak ketan adalah pada saat membungkus bulat adonan ketan dengan daun pisang. Kita harus memastikan daun pisang terbungkus dengan rapat agar kue tidak hancur ketika direbus.

Tips untuk Hasil yang Lebih Sempurna

Untuk membuat kue kicak ketan yang lebih lezat, bolu ketan bisa dibentuk dengan berbagai cara. Selain menggunakan daun pisang, kita juga bisa membungkus adonan ketan menggunakan plastik, kemudian baru merebusnya dengan air yang sudah dipanaskan. Selain itu, tak usah khawatir jika bola ketan yang sudah dibungkus pecah, kamu masih dapat memperbaikinya dengan cara membungkusnya kembali hingga rapat.

Bagaimana Cara Membuat Kicak Ketan?

Untuk membuat kue kicak ketan, dibutuhkan beberapa bahan seperti ketan putih, gula merah, air, santan dari Kelapa, dan kelapa parut. Pertama-tama, cuci ketan hingga bersih, dan rendam dalam air selama ± 2 jam. Setelah itu, kukus ketan hingga empuk atau selama ± 30 menit. Setelah itu, angkat dan diamkan hingga sedikit dingin. Kemudian campurkan gula merah dan air, kemudian didihkan hingga gula merah larut dan mengental menjadi cairan kental. Panaskan santan, kemudian masukkan kelapa parut dan aduk hingga kelapa matang. Lalu, campurkan ketan dan adonan gula merah yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian aduk hingga merata. Bulatkan adonan ketan dan beri isian kelapa parut lalu bungkus dengan daun pisang dan rebus selama kurang lebih 15-20 menit.

Cara Membuat Kue Kicak Ketan yang Lezat

Adonan ketan harus tepat takarannya, adonan juga harus dicampur rata dan bulatan adonan di bungkus rapat dengan daun pisang agar kue tidak hancur ketika direbus.

Pertanyaan mengenai Resep Kicak Ketan

Q: Apakah bahan utama dalam membuat kue kicak ketan?

A: Bahan utamanya adalah ketan putih, gula merah, santan, dan kelapa parut.

Q: Bagaimana cara membuat kue kicak ketan yang empuk?

A: Pastikan takaran ketelitian bagi penambahan bahan dalam adonan ketan, lalu bulatkan adonan dan bungkus rapat dengan daun pisang sebelum direbus.

Q: Ada hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat kue kicak ketan?

A: Pastikan takaran ketelitian pada setiap bahan, pengepakan bola ketan yang rapat, menentukan waktu saat merebus bola ketan.

Q: Bisakah kue kicak ketan dibuat dengan variasi rasa lain selain kelapa parut?

A: Ya, bisa. Kue kicak ketan bisa dicampur dengan berbagai isian, seperti kacang hijau, Choco chip, atau keju.

Kesimpulan

Dalam membuat kue kicak ketan, mengikuti takaran dan cara membuat yang tepat menjadi faktor penting untuk menghasilkan kue yang lezat dan empuk. Kue kicak ketan yang merupakan salah satu jajanan pasar tradisional Indonesia ini, memang memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam proses pembuatannya, namun ketika berhasil, hasilnya akan jauh lebih terasa spesial.

Gallery

Resep Membuat Kicak Ketan Manis Dan Gurih - Katalog Kuliner

Resep Membuat Kicak Ketan Manis dan Gurih - Katalog Kuliner
Photo Credit by: bing.com / kicak ketan dan gemblong gurih manis kue kuliner tradisional katalogkuliner khas

Ketan Srikaya Klasik Legit Manis Lezat | ResepKoki

Ketan Srikaya Klasik Legit Manis Lezat | ResepKoki
Photo Credit by: bing.com / ketan resep srikaya sarikaya lapis resepkoki keten hunkwe

Resep Dan Cara Membuat Kue Kicak Ketan - ALL Recipes

Resep Dan Cara Membuat Kue Kicak Ketan - ALL Recipes
Photo Credit by: bing.com / kue kicak resep puasa membuat ketan buka ramadhan berbuka daerah bulan legendaris hingga bertahan bisnis

Resep Cenil Dan Kicak - Resep Kue Cenil, Jajanan Pasar Tradisional

Resep Cenil Dan Kicak - Resep Kue Cenil, Jajanan Pasar Tradisional
Photo Credit by: bing.com / kicak resep cenil tradisional cpcdn kue nostalgia pasar sarat jajanan

Resep Cenil Dan Kicak - Resep Tapai Ketan Yang Manis Dan Segar Tanpa

Resep Cenil Dan Kicak - Resep Tapai Ketan yang Manis dan Segar Tanpa
Photo Credit by: bing.com / resep kicak tstatic tapai cenil ketan gagal tanpa segar gula manis


0 Response to "Resep Kicak Ketan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


 

x